Ketahui 6 Dampak Buruk Internet Bagi Anak Di Bangku Sekolah

Sebab pengaruh internet pada anak anak – Internet adalah sebuah media sarana aktifitas orang yang ingin mencari seluruh informasi di seluruh dunia. perkembangan teknologi sangat memperngaruhui dampak positif dan negatif bagi masyarakat, termasuk di negara indonesia ini, yang sekarang mayoritas menggunakan smartphone dan laptop untuk memenuhui kebutuhan sehari-hari.

Banyak dampak positif sejak adanya teknologi, salah satunya jaringan internet yang bisa kita bebas akses dimana saja dan kapan pun. lawan dari kalimat posifif, yaitu negatif. di dunia ini semua berlawanan, ada yang baik dan buruk, termasuk di internet. sehingga bagi pengguna sangat harus pandai memilih mana yang baik untuk anda sendiri maupun untuk anak anda.

Memang sudah di zaman ini agar bisa mengambil positifnya, tetapi alangkah baiknya anda harus menetralisirkan sebelum kejadian yang lebih buruk lagi kepada anak anda. dampak buruk bagi anak terutama di usia sekolah, sangat banyak negatif jika mengetahui kerja internet itu seperti apa. sudah kita ketahui, sejak dini anak-anak sangat ingin tau dan belajar. tidak bisa membedakan baik dan buruk, sebagai orang tua kita harus mengarahkannya ke lebih baik saat menggunakan internet dan memberi pengertian setiap anak.

Dampak Negatif Internet Bagi Pelajar

1. Merasa Kecanduan

Kecanduan sangat susah kita tinggalkan, seperti kecanduan makan yang enak-enak. sama hal dengan internet yang bisa membuat rasa candu tersebut meningkat dari pertama kali menggunakan internet. internet itu luas sekali, banyak aplikasi-aplikasi yang bisa anda gunakan di smartphone seperti media sosial facebook, twitter, dan instagram. jika anak anda jatuh ke perangkap ini, di pastikan hp tidak akan bisa jauh dari mereka yang senang membuka aplikasi dan bermain.

2. Anak Menjadi Boros Uang

Dari pengalaman saya sendiri, saat waktu sekolah SD, SMP, dan SMK. sering menyimpan uang saku yang diberikan oleh orang tua untuk di jajankan membeli makanan dan minuman. hal hasil, saya menyimpan duit tersebut, untuk kebutuhan bermain warnet atau membeli hadiah game online. pertama melakukan tidak sadar, tetapi saat duit sudah abis (kritis) baru menyesal di akhir.

3. Menimbulkan Rasa Malas

Bagi seorang pelajar, kewajibannya adalah belajar di sekolah bukan ? adanya internet, apalagi sudah memiliki smartphone sendiri bisa membuat anak anda menjadi malas belajar dan ngantuk di tengah pelajaran berlangsung. saat bermain internet, timbulah rasa semangat. dari mengantuk bisa hilang kantuk tersebut. di indonesia banyak anak seperti ini, termasuk saya sendiri yang merasa rugi sendiri di bangku sekolah, karena tidak memanfaatkan belajar yang di sampaikan oleh guru.

4. Terkena Penipuan Online (Hoax,Bully)

Seperti yang kita ketahui, paling banyak orang yang merasa tertipu melalui online sangat banyak. mudahnya percaya produk orang lain, membuat anak merasa ingin memilikinya. maka dari itulah, anak membeli barang dengan pulsa atau pun bayar (ketemuan langsung). lain dari itu, berita di media sosial tidak semua benar. bagi anak-anak akan menelan berita itu dan membagikannya kepada teman sosialnya, hal itu bisa menimbulkan bully atau ejekan (caci maki).

5. Kebiasaan Berbicara Buruk

Tanpa anda sadari, anak bisa berubah 180derajat dari internet. banyak pengaruh negatif di internet yang bisa membuat anak berprilaku buruk kepada orang tuannya. padaha lingkungannya tidak ada orang yang berbicara kotor. untuk menghindari prilaku buruk tersebut, baiknya untuk menghapus teman yang buruk di media sosial dan fanspage yang tidak bermanfaat yang tujuannya mengejek orang lain.

6. Kemudahan Mengakses Pornografi

Dampak negatif terakhir yang saya bahas ini adalah sangat buruk sekali untuk otak anak anda dan prilaku keseharian mereka bisa terbawa saat menonton tidak pantas di umur pelajar. banyaknya cara untuk mengakses situs terlarang ini, membuat anak anda menjadi cerdik dan mengelabui orang tuanya. menurut saya, jangan memberikan smartphone kepada anak yang masih duduk di bangku sekolah. anda bisa membelikan hp tanpa ada internetnya.

Penutup

Setelah anda membaca artikel saya memberi kesimpulan sendiri, bahwa internet itu memiliki dampak baik dan buruk bagi anak anda. jadi, sekarang tergantung di tangan orang tua. pandaikah orang tua mendidik anaknya ke tujuan lebih baik untuk menggunakan internet.

Demikianlah, penyebab pengaruh internet pada anak-anak. semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *